IPC Tanjung Priok Adakan Acara Pelepasan Merdeka Ekspor Tahun 2021 untuk Komoditas Pertanian ke 56 Negara

IPC Cabang Tanjung Priok ikut serta berkolaborasi dalam menyambut 76 Tahun Kemerdekaan RI dengan Tema Program Merdeka Ekspor 2021 yang diadakan oleh Kementerian Pertanian dan Balai Besar Karantina Pertanian yang bertempat di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT). Kegiatan ini merupakan bagian dari acara pelepasan ekspor secara serentak dari 17 pintu pengeluaran baik melalui pelabuhan laut maupun bandar udara di 17 provinsi pada 14 Agustus 2021 diperkirakan mencapai nilai sebesar Rp. 6,88 Trilliun.

Acara ini turut dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Pertanian, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok Hasrul SP, MP, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Dr. Capt, Wisnu Handoko, MSc Kepala Kesyahbandaran Pelabuhan Utama Tanjung Priok AndiHartono, ST, General Manager IPC Tanjung Priok Guna Mulyana, Direktur Utama PT JICT Ade Hartono, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana dan perwakilan undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini, untuk acara Merdeka Ekspor di Dermaga JICT Pelabuhan Tanjung Priok dilakukan pelepasan ekspor komoditas pertanian Provinsi DKI Jakarta senilai Rp. 435.148.981.331 ke 56 negara.

 Presiden Jokowi menambahkan Peningkatan ekspor komoditas pertanian  berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani. “Saya mendapat angka nilai tukar petani terus membaik. Pada Juni 2020 nilai tukar petani berada di angka 99,60, secara konsisten meningkat hingga Desember 2020 mencapai 103,25. Dan, pada Juni 2021 mencapai 103,59. Ini menurut saya sebuah kabar yang baik bisa memacu semangat petani-petani kita untuk tetap produktif pada masa pandemi,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, volume ekspor yang dilepas mencapai  627,4 juta ton atau senilai Rp 7,29 triliun,  yang meliputi komoditas perkebunan, tanaman pangan, hortikultura,peternakan, dan komoditas lainnya. Sedangkan tujuan ekspor adalah ke 61 negara, di antaranya Tiongkok, Amerika Serikat, India,  Jepang, Korsel, Thailand, Malaysia, Inggris, Jerman, Rusia,  Uni Emirat Arab, dan Pakistan. “Tahun 2024 ditargetkan ekspor pertanian tiga kali lipat melalui peningkatan kerja sama dengan pemerintah daerah,” kata Mentan.

General Manager IPC Tanjung Priok menyampaikan IPC akan terus ikut serta mendukung pemerintah dalam mensukseskan program Merdeka Ekspor, sehingga dapat meningkatkan perekonomian bangsa”

IPC akan terus berupaya dalam mensukseskan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian bangsa, sehingga dapat menjadi trade facilitator bagi daerah hinterland sehingga dapat bertumbuh dan kuat meskipun ditengah-tengah pandemi saat ini.