Peduli Pendidikan Anak Korban Semeru, Pelindo Group Kirim Ratusan Paket Alat Sekolah

Bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi beberapa waktu lalu masih menyisakan sejumlah permasalahan bagi para warga yang terdampak. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar anak-anak korban erupsi yang belum kembali normal. Peduli akan hal tersebut, Pelindo Group mengirimkan bantuan berupa ratusan peralatan belajar mengajar anak-anak korban erupsi Semeru guna membantu kegiatan belajar mereka selama tinggal di pengungsian.

Sedikitnya ratusan peralatan belajar mengajar diantaranya seperti meja tulis, tas sekolah, buku, mukena dan lainnya hasil dari pengumpulan bantuan Pelindo Group diserahkan kepada satgas BUMN yang berada Posko Bantuan Logistik dan Penampungan Pengungsi Erupsi Semeru milik BUMN di desa Pasirian, Lumajang, pada Kamis (16/12). Bantuan tersebut akan langsung didistribusikan kepada anak anak Sekolah Dasar yang saat ini masih belajar di tenda darurat.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki usai simbolis pelepasan bantuan mengatakan, Pelindo saat ini berfokus pada upaya penanganan bantuan pada anak-anak korban bencana khususnya dari sisi psikologis dan pendidikan, oleh karena itu dalam kesempatan ini Pelindo mengirimkan bantuan berupa peralatan belajar dengan tujuan menunjang kegiatan belajar mengajar anak-anak selama di pengungsian.

“Setelah kami tahu jika anak-anak pengungsi saat ini melakukan kegiatan belajar mengajar dalam kondisi darurat di pengungsian, kami bergerak cepat dengan mendistribusikan peralatan belajar seperti meja tulis dan buku. Kami berharap ini bisa membuat adik-adik kita yang bersemangat belajar dalam kondisi terbatas ini bisa lebih bersemangat lagi sehingga hak pendidikan mereka tetap masih bisa terpenuhi, selain itu ini sudah bagian dari kami BUMN untuk hadir bagi masyarakat secara langsung,” ujar Ardhy Regional Head 3 Pelindo.

Senada dengan pernyataan sebelumnya, Sugeng selaku Kepala Desa Pasirian Lumajang mengapresiasi kepedulian Pelindo Group memberikan bantuan berupa peralatan belajar mengajar, menurutnya kebutuhan fasilitas pendidikan bagi anak-anak korban bencana memang sering terlewatkan sehingga kebanyakan anak-anak harus belajar dan bersekolah dengan kondisi seadanya.

“Kami sangat bersyukur mendapat bantuan peralatan belajar, karena hal tersebut menjadi salah satu yang paling kami butuhkan mengingat banyak anak-anak pengungsi yang sekarang masih belajar dengan peralatan seadanya, ini akan kami distribusikan langsung nantinya,” pungkas Sugeng.

Penyaluran bantuan ini merupakan kegiatan tahap kedua yang dilakukan oleh Pelindo Group. Sebelumnya, Pelindo Group juga telah mengirimkan bantuan berupa kebutuhan pokok seperti beras, gula, makanan siap saji, air mineral, susu, obat-obatan ringan serta masker untuk penangkal virus dan debu vulkanik kepada para pengungsi erupsi Semeru.