Di sisi laut, perusahaan memanfaatkan teknologi inaportnet serta aplikasi digital lain seperti VMS, VTS, MOS, SIMOP untuk aktivitas labuh, kapal pandu, kapal tunda, kepil dan tambat. Di sisi terminal ada aplikasi TOS, NPK TOS, dan Car Terminal Operating System untuk kegiatan bongkar muat serta pemindahan barang.
IPC Wellness Competition
Resmi dibuka pada 28 Agustus lalu, IPC Wellness Competition berlangsung dengan penuh keseruan. Pada awal pembukaan, sebanyak 188 orang mendaftar sebagai peserta. Setelah melalui pengecekan fisik dan medis, sebanyak 160 orang lolos kriteria dan resmi berpartisipasi sebagai peserta IPC Wellness Competition.
Setelah berlangsung selama kurang lebih 3 bulan, pada 4 Desember 2020, pemenang kegiatan Wellness Competition 2020 diumumkan di lantai 7 Kantor Pusat IPC. Berikut adalah para Warriors yang sudah menunjukkan komitmen, tekad, serta konsistensi dalam mengikuti kompetisi ini.
Selamat kepada para Warriors atas keberhasilannya sebagai Pemenang IPC Wellness Competition 2020. Semoga prestasi ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi bagi seluruh insan IPC untuk selalu menjalankan kebiasaan hidup sehat dengan berolah raga dan pola makan yang sehat.
IPC Marketing Outlook & Customer of the Year
Setiap tahunnya, IPC menyelenggarakan Kegiatan Marketing Outlook dalam rangka menganalisa dan mendapatkan insight serta experience dari tokoh inspiratif sekaligus membangun hubungan erat dengan para customers IPC.
Mengusung tema “Stronger Together” IPC Marketing Outlook tahun ini dilaksanakan pada tanggal 10-11 Desember 2020. Meski berbeda dari tahun-tahun sebelumya, event yang diselenggarakan melalui platform Youtube, Zoom, dan Facebook ini berlangsung meriah.
Dibagi dalam 3 sesi, acara ini menghadirkan berbagai sesi seru seperti diskusi perkembangan dan masa depan industri dan bisnis oleh Bahlil Lahadalia (Kepala BPKM), Angkie Yudistia (Staf Khusus Presiden Bidang Sosial), Yuswohady (Marketing Expert), Jonathan Sudharta (CEO Halodoc), Aviliani (Ekonom Indonesia), Pambudi Sunarsihanto (HR Director Blue Bird), Senandung Nacita (News Anchor), dan narasumber kompeten lainnya.
Dipandu oleh Direktur Komersial IPC, Rima Novianti, acara ini diharapkan membangun kesepahaman pemikiran antara IPC dengan pengguna jasa, bahwa IPC ingin hadir melayani dan membantu keberlangsungan bisnis para pengguna jasa dengan memberi pelayanan terbaik dan bahwa IPC ingin mewujudkan hubungan serta layanan dengan pengguna jasa menjadi sesuatu yang lebih bermakna, lebih dari sekedar bisnis.
IPC menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pelanggan dan pengguna jasa pelabuhan dari 12 cabang pelabuhan dan 17 anak perusahaan IPC yang terlibat pada IPC Marketing Outlook 2020.
Pada kesempatan yang sama, IPC juga menggelar IPC Customer Awards bagi para pengguna jasa atau mitra kerja terpilih sepanjang tahun 2020 yang telah memberikan kontribusi terbaik pada 12 cabang pelabuhan di bawah pengelolaan IPC. Para mitra kerja penerima Customer Awards 2020 adalah sebagai berikut (infografis di atas).
Melalui kegiatan ini ikatan yang telah terjalin antara IPC dengan mitra kerja atau pengguna jasa kepelabuhanan dapat dibina semakin erat, dan senantiasa menjadi inspirasi serta motivasi IPC untuk dapat memberikan pelayanan serta inovasi yang lebih baik.
Terapkan Sistem Anti Penyuapan, IPC Raih Sertifikat ISO 37001:2016
IPC menutup tahun dengan menegaskan komitmen zero tolerance terhadap segala jenis penyimpangan, terutama suap. Setelah menjalani beberapa tahapan, IPC sukses memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 yang sesuai dengan standar internasional dalam penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
Untuk mengikuti sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, IPC telah melakukan persiapan dari bulan September hingga November 2020. Selanjutnya pada tahap pengembangan sistem dilakukan pengembangan kebijakan dan penyusunan prosedur manajemen anti penyuapan.
Setelah melewati tahap review sistem seperti pelaksanaan audit internal review dan tinjauan manajemen, maka tahap terakhir adalah sertifikasi mencakup persiapan ujian sertifikasi dan pemilihan lembaga audit sertifikasi. IPC pun resmi tersertifikasi Anti-Bribery Management System ISO 37001:2016 efektif sejak 26 November 2020.
Acara puncak HUT IPC & Stakeholder Gathering
Walau malam perayaan Puncak HUT IPC ke-28 dilakukan dengan terbatas dan virtual, tidak mengurangi kemeriahan dan kekhidmatan kegiatan tersebut.
Acara ini diikuti oleh stakeholders, pelanggan, dan insan IPC secara virtual. Di usia yang semakin matang, IPC terus berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan berbagai aspek termasuk dengan peningkatan konektivitas nasional, transformasi digitalisasi dalam pelayanan operasional serta penyediaan infrastruktur yang lebih baik sebagai tulang punggung rantai logistik di Indonesia.
Pada kesempatan ini, IPC juga “duduk bersama” dengan para stakeholders untuk menyamakan persepsi terkait dunia kepelabuhanan guna mendorong peningkatan kualitas pelayanan serta bersama mendorong efektivitas dan efisiensi Iayanan di pelabuhan.
Direktur Utama IPC, Arif Suhartono menyampaikan pada sambutannya, “Dengan semangat kebersamaan untuk Indonesia Maju, saya rasa cita-cita bangsa menciptakan Ekosistem Maritim Indonesia bukan lagi jadi angan-angan semata. Mari lanjutkan kerjasama yang baik, mari saling menguatkan dan berikan pelayanan yang optimal dan terintegrasi,” pungkas Arif. (IPC)
Leave a Reply